Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Akhir tahun 2019 menjadi sebuah awalan sekaligus tantangan baru bagi sebuah perubahan di tahun 2020 dengan adanya kemunculan Covid-19, yang telah dinyatakan oleh WHO pada Maret 2020 menjadi Bencana Nasional. Situasi ini tentunya juga mempengaruhi banyak sektor kehidupan, yakni ekonomi, pendidikan dan terutama sekali kesehatan. Banyak perusahaan yang bergerak untuk membantu menanggulangi ataupun berkomitmen melalui program CSR mereka untuk membantu masyarakat yang terdampak, tidak terkecuali Perseroan. Dalam pelaksanaan program CSR tersebut, Perseroan harus tetap bisa melaksanakan tanggung jawab sosial yang sudah direncanakan di tengah situasi yang tidak terkontrol, karena penerima manfaat dari tanggung jawab sosial tersebut harus tepat sasaran. Perseroan tentunya berharap bahwa kegiatan CSR ini dapat memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat sekitar.

Perseroan dan Entitas Anak tetap berkomitmen untuk melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan untuk senantiasa berperan aktif dalam penanganan Covid-19, baik mengurangi dampak yang ditimbulkan maupun memutus mata rantai penyebaran pandemi. Perseroan senantiasa memprioritaskan keselamatan dan kesehatan karyawan dan masyarakat yang ada di lingkungan Perseroan. Perseroan optimis dengan kerja sama semua pihak, pandemi ini bisa ditangani.

Perseroan dan Entitas Anak secara sadar melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan bidang sosial dan lingkungan tidak saja dikarenakan regulasi yang mewajibkannya, akan tetapi sebagai  cara   Perseroan memberikan pengakuan dan bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatannya yang memberi pengaruh pada masyarakat, karyawannya (area kerja) dimana Perseroan dan Entitas Anak menjalankan kegiatan-kegiatan usahanya.

Titik berat Program CSR di tahun 2020 adalah turut mendukung kebutuhan medis dalam penanganan Covid-19. Hal ini merupakan salah satu aksi kepedulian Perseroan kepada masyarakat, khususnya dalam mendukung Pemerintah mengatasi pandemi Covid-19.

Adapun kegiatan CSR tersebut meliputi aspek sosial kemasyarakatan, keagamaan, kesehatan, pendidikan dan lingkungan.

 

MASYARAKAT

Dikarenakan Perseroan merekrut karyawannya dari daerah tempat Perseroan beroperasi, maka kami lebih dekat dengan masyarakat dan tahu   masalah ekonomi dan sosial apa saja yang terjadi. Program CSR kami  mencoba untuk mencakup sebanyak mungkin melingkupi  masyarakat yang terkena dampak dari kegiatan bisnis kami baik secara langsung maupun tidak langsung.

1) Bantuan untuk Korban Bencana  

Bantuan yang diberikan kepada Masyarakat sekitar Kantor Cabang di Duri yang terkena dampak kebakaran pada tanggal 2 Oktober 2020.

2) Radiant Qurban

Merupakan kegiatan pemotongan dan pendistribusian hewan qurban yang diselenggarakan di Hari Raya Idul Adha 1441 H yang diselenggarakan  di Kantor Cabang Perseroan, tepatnya di Cabang CIlegon.

3) Bantuan Alat Pelindung DIri dalam rangka menghadapi Pandemi Covid-19

Sebagai bentuk mendukung serta solidaritas atas situasi pandemi Covid-19, Perseroan berkomitmen untuk mengerahkan dana corporate social responsibility (CSR) guna membantu masyarakat dan instansi kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19, yaitu dengan memberikan tangki penampung air bersih, sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, face shield, hand gloves dan bantuan sosial ke beberapa instansi kesehatan, seperti:

  1. Rumah Sakit Umum Daerah Dr.H. Moh Anwar Sumenep, Madura
  2. Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda
  3. CSR Marangkayu
  4. Health Program Karyawan OAFMS-PHKT All Site – pembagian Supplemen Kit Karyawan

Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu meringankan pelayanan kesehatan dalam  penanganan Covid-19, serta menjalin rasa persaudaraan & solidaritas antara Perseroan dan instansi kesehatan terkait.

4) Pemasangan Pompa Irigasi Bertenaga Surya

Dalam rangka social project di area pedalaman, Perseroan turut berkontribusi dengan melakukan pemasangan Pompa Irigasi (pengairan 5 Ha sawah) dengan Tenaga Surya 4.1 kWp di Desa Bulakpacing, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal.

Proyek tersebut telah dilaksanakan dengan sukses dan telah beroperasi mengairi lahan pertanian di desa tersebut.

 

AREA KERJA

Karyawan kami adalah asset utama Perseroan, program kami bertujuan pada peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup karyawan kami.

Selama 2020  kegiatan CSR kami di tempat kerja adalah:

1) Kebijakan terkait Covid-19

Dimulai tanggal 11 Maret 2020 Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi global oleh WHO. Semenjak itulah, Pemerintah dan seluruh lini bisnis di Indonesia termasuk Perseroan, menetapkan beberapa kebijakan darurat, salah satunya adalah dengan bekerja di rumah atau Work From Home (WFH).

Pada bulan Juni 2020, Perseroan mulai menetapkan waktu kerja karyawan dengan memberlakukan sistem shifting, dimana 50% karyawan diperbolehkan untuk kembali bekerja di kantor (WFO).

Kendati demikian, Perseroan telah menetapkan Protokol Kesehatan yang ketat, yang dimulai saat karyawan memasuki gedung, kapasitas ruang kerja, pemakaian fasilitas gedung, jaga jarak antar karyawan, hingga kewajiban pemakaian alat lindung diri seperti masker dan face shield.

Slogan “jaga jarak” pun terus digalakkan melalui flyer, email, maupun di QSHE Monthly Meeting untuk menghindari kerumunan di tengah lingkungan Perseroan.

2) Kampanye “Diet Sampah Plastik”

Merupakan gerakan Kampanye yang dilatar belakangi oleh kepedulian dan kesadaran Perseroan akan masalah  lingkungan yang melanda dunia yaitu   sampah plastik sebagai material buangan  yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat terurai dengan tanah

Tujuan Kampanye ini:

    1. Mengurangi penggunaan material yang berbahan dasar plastik & styrofoam di area kantor
    2. Mengurangi buangan sampah plastik & styrofoam dari semua kegiatan operasi Radiant Grup
    3. Membudayakan penggunaan materi pakai ulang (reusable) kepada semua insan Radiant.

Kampanye Diet Plastik dimulai sejak Agustus 2019 sampai saat ini dan dipusatkan di Kantor Pusat Perseroan dengan melibatkan seluruh karyawan Perseroan, meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  1. Sosialisasi informasi secara atraktif melalui pemasangan banner disetiap lantai dan pengiriman surat elektronik  secara berkala tentang ajakan mengurangi  sampah plastik
  2. Menyediakan kotak makan  di setiap lantai  Gedung Radiant sebagai wadah sebagai pengganti kemasan plastik ketika pembelian makanan
  3. Donasi tote bag layak pakai dari karyawan untuk didistribusikan kepada karyawan  yang membutuhkan sebagai pengganti kantong belanja plastik
  4. Kampanye membawa tumbler sendiri ketika menghadiri rapat-rapat di lingkungan Gedung Radiant
3) Program “Energy Saving”

  1. Pembatasan penggunaan Air Conditioning setelah jam 4.30 sore di lingkungan kerja
  2. Pelaksanaan himbauan mematikan lampu-lampu di saat meninggalkan ruang kerja
  3. Pelaksanaan himbauan melepaskan semua alat-alat elektronik dari jaringan listrik pada saat tidak dipakai atau menuju hari libur kerja.
4) Pemasangan Solar PV

Dalam rangka Program Radiant Go Green, Perseroan   melakukan pemasangan PLTS 9,43 KWp On-Grid pada atap   Gedung Radiant Group yang merupakan Kantor Pusat Perseroan di Jakarta. Adapun program ini telah   berhasil   mengefisiensikan penggunaan listrik secara signifikan di Kantor Pusat.

 

LINGKUNGAN

Lingkungan alam  adalah tanggung jawab semua orang termasuk perusahaan, Perseroan percaya bahwa ada banyak cara untuk mendorong dan memengaruhi setiap karyawan agar lebih ramah lingkungan saat melakukan pekerjaan dan aktivitas mereka di tempat kerja.

 Dimulai dengan hal paling sederhana untuk membantu lingkungan adalah mengurangi penggunaan energi dan mengurangi bahan-bahan polutan di tempat kerja, oleh karena itu selama 2020 kami telah melakukan program-program berikut:

 1. Pemilahan Limbah Domestik Organik dan Anorganik.

Kegiatan ini sebagai bagian dari kampanye “Diet Plastik”. Perseroan mendorong seluruh karyawan untuk turut serta melakukan pemilahan dan  pembuangan sampah pada tempat sampah yang sudah ditentukan  yang tersedia di beberapa lokasi  kantor Perseroan. Perseroan percaya, kegiatan ini    adalah hal paling mendasar yang dapat dilakukan seseorang untuk melestarikan lingkungan.

2. Dukungan Pemasangan  Solar Panel di SMA Pangudi Luhur, JakartaPartisipasi dalam program pengenalan energi baru dan terbarukan di lembaga sekolah dengan melakukan pemasangan Solar Panel di SMA Pangudi Luhur Jakarta dalam rangka peringatan Lustrum SMA Pangudi Luhur ke XI.

 

Edukasi tentang Energi Baru dan Terbarukan

Mengingat energi baru dan terbarukan telah menjadi bagian yang penting bagi pasar energi maka sangat penting bagi pelaku bisnis untuk memberi edukasi kepada  masyarakat atas informasi tentang energi baru dan terbarukan guna  mengubah cara   berpikir tentang energi, keberlanjutan, dan ketahanan.

Perseroan sadar bahwa  masyarakat  yang memiliki pengetahuan luas tentang energi baru dan terbarukan memberikan keuntungan yang  bernilai   tidak saja untuk   pertumbuhan industri ini, tetapi juga untuk mendorong mereka merubah  perilaku  untuk menerapkan kehidupan hijau di semua aspek kehidupan.

Masyarakat dan pemangku kepentingan   khususnya generasi muda menunjukkan kebutuhan yang tinggi akan informasi dan pembelajaran tentang Energi baru dan Terbarukan, oleh karena itu Perseroan secara aktif terlibat dalam berbagai kegiatan pembelajaran  dan  berbagi pengetahuan sebagai bagian dari proses untuk mengembangkan visi, membangun kapasitas dan memberdayakan orang untuk membuat perubahan dalam lingkungan mereka.

Selama 2020, Perseroan  memberikan presentasi dan pembelajaran di seminar-seminar dan diskusi di acara-acara yang diselenggarakan di  Indonesia maupun   lintas negara, sebagai berikut:

1) 12 Februari 2020

Seminar terkait “People’s choice and the availability of resources contribute to the economic activities in a community” yang diadakan di Sekolah Cikal Jakarta, dimana Direktur Utama Perseroan sebagai Guest Speaker.

2) 24 Agustus 2020 Webinar “Indonesia Solar Market Outlook, Opportunities & Challenges”, diselenggarakan oleh EQ Magazine, media  dimana Direktur Utama Perseroan menjadi salah satu Narasumber.
3) 3 September 2020

Webinar yang diselenggarakan oleh Global Solar Council (GSC) yang berkolaborasi dengan Asian Photovoltaic Industry Association (APVIA) dan SolarQuarter tentang “Next Solar Destination in South East Asia – Opportunities for Global PV Market and post-Covid Scenarios”, dimana Direktur Utama Perseroan sebagai salah satu Pemateri.

4) 9 Oktober 2020

Forum Group Discussion yang diselenggarakan secara virtual oleh INSA (Indonesian National Shipowners Association) tentang Peran “Kapal Khusus” dalam Mendukung  Kegiatan Bawah Laut Pada Era New Normal, dimana Direktur Utama Perseroan dan team  menjadi  pembicara.

5) 7 Oktober 2020Webinar yang diselenggarakan oleh SMA Pangudi Luhur Jakarta tentang “Peran Strategis Renewable Energy untuk Mengatasi Dampak Perubahan Iklim Kepada Bumi Indonesia” dimana Direktur Utama, sebagai Alumnus, menjadi salah satu pemateri.
6) 18 November 2020 Training yang diadakan oleh APVIA (Asian PhotoVoltaic Industry Association) tentang “Fundamental Design of PV System” secara virtual, dimana Direktur Utama sebagai salah satu Pembicara Tamu.
7) 16 November 2020 Diskusi yang diadakan oleh CNBC TV Indonesia dalam sesi Energy Corner SQUAWK BOX, tentang “Prospek Bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Tanah Air”, dimana Direktur Utama sebagai salah satu Pembicara Tamu.
8) 24 November 2020

Forum Group Discussion Pre-Convention SCM FORUM SKK MIGAS 2020 tentang “Percepatan dan Kolaborasi Pengadaan Komoditas Perkapalan Untuk Mendukung Target Produksi Minyak Bumi 1 Juta Barrel”.

9) 26 November 2020

 ASEAN Clean  Energy Week Virtual Confex dengan fokus pada negara Indonesia , Vietnam, Malaysia, Filipina dan Mianmar, dimana Direktur Utama Perseroan  menjadi pembicara  mewakili perusahaan penyedia di Indonesia dengan materi presentasi tentang “Solar Project’s Challenges in Indonesia”

10) 3 Desember 2020

 Pembicara Tamu pada program edukasi “Energi Terbarukan” untuk  SD Maitreyawira di Jakarta, Medan, Palembang, Batam, Bangka Belitung dan Pangkal Pinang


RUIS.JK TODAYS INDEX

Sep 24, 2021

RUIS
206.00

  • HIGH 206.00
  • LOW 199.00
  • OPEN 206.00
  • VOLUME 103,600