Budaya Perusahaan dan Kode Etik

Budaya Perusahaan

Perseroan dan Entitas Anak menganut Nilai-Nilai Perusahaan yang diyakini sebagai landasan perusahaan bergerak dan menggerakkan  setiap dan seluruh  kegiatan-kegiatan usahanya. Nilai-Nilai Perusahaan tersebut tercermin dalam bentuk Pilar-Pilar Radiant, Karakteristik Insan Radiant dan Budaya Perusahaan yang selaras dengan Visi dan Misi Radiant.

Pilar-Pilar Radiant meliputi :

1.    Sumber Daya Manusia adalah Asset Utama Perusahaan
2.    Perusahaan yang Mandiri dan Independen
Badan Usaha yang mandiri dan bukan merupakan bagian dari kelompok manapun dan tidak terkait dalam kegiatan politik praktis apapun.
3.    Professional
Seluruh aktifitas bisnis perusahaan dilaksanakan secara professional dengan mengedepankan kompetensi dan komitmen tinggi.
4.    Kesejahteraan yang Berkeadilan
Segala bentuk usaha bertujuan untuk kemanfaatan semua pemangku kepentingan secara adil dan proposional.
5.    Keteladanan
Pimpinan dan karyawan Perusahaan memberikan keteladanan yang baik dalam menegakkan akhlak dan etika.
6.    Tata Kelola Perusahaan berdasarkan Sistem
Perusahaan menerapkan sistem dan aturan-aturan berdasarkan asas-asas etika moral, transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan kewajaran.
7.    Berorientasi Pada Pertumbuhan
Berorientasi pada masa depan untuk selalu tumbuh dan berkembang.

 

Pilar-Pilar Radiant diharapkan dapat membentuk Karakteristik Insan Radiant, sebagaimana telah diuraikan  sebelumnya   bagian awal Laporan Tahunan ini,  dan tercermin dalam bentuk perilaku   sebagai berikut:

1)      Membangun komunikasi dan koordinasi untuk mewujudkan tim kerja yang kompak sesuai Peraturan Perusahaan tentang Forum Komunikasi, Pedoman Manual   tentang Komunikasi, Partisipasi, dan Konsultasi, serta Prosedur Komunikasi, Partisipasi dan Konsultasi.
2)      Memberikan penghargaan/apresiasi atas keberhasilan yang dicapai oleh rekan kerja.
3)      Saling membantu dan mengingatkan sesame rekan kerja agar selalu bekerja inovatif dan goal oriented sesuai dengan objective dan program kerja yang terimplementasi melalui Key Performance Indicator (“KPI”) berdasarkan Pedoman  Manual tentang Tujuan dan Program serta Prosedur dan Penilaian Kerja.
4)      Memberikan dukungan moril kepada sesama rekan kerja yang sedang mengalami musibah.
5)      Pimpinan memberikan pengarahan dan penugasan yang jelas dan dipahami dalam rangka pencapaian target yang telah ditetapkan serta memberikan penilaian yang obyektif terhadap pencapaian kerja sesuai KPI.
6)      Pimpinan bertindak sebagai teladan, pembimbing dan bertanggung jawab atas perilaku dan kinerja para Karyawan di jajarannya sesuai nilai-nilai perusahaan yang tertuang dalam Peraturan Perusahaan.

 

Sedangkan Budaya Perusahaan sebagai bagian dari Nilai-Nilai Perusahaan yang wajib dipahami, diterapkan dan dikembangkan oleh setiap Insan Radiant  terdiri dari:

a.      Customer Oriented Company
Perusahaan mengutamakan mutu service, kepercayaan pasar, lincah dan responsif dalam menjawab isu dan kebutuhan pasar serta adaptif terhadap market needs.
b.      International Standard Company
Siap menghadapi era globalisasi dengan selalu meningkatkan standar agar dapat bersaing di tingkat internasional.
c.       A Home of High Achievers
Memiliki karyawan kompeten yang bangga pada pekerjaan mereka, mempunyai semangat tinggi dan memiliki komitmen serta rasa memiliki yang tinggi terhadap perusahaan.
d.      Scientific Approach Company
Mendorong dan menjunjung tinggi system dalam pola kelola usaha, tercapainya tujuan Good Corporate Governance dan menganut Pola manajemen sistemik sehingga mengurangi ketergantungan terhadap personal style dalam pengelolaan perusahaan.
e.       Trust and Team Work
Organisasi dibangun dari circle of trust dan team work yang kuat sehingga dapat mengakselerasi pencapaian tujuan perusahaan.

 

Kode Etik

Kode Etik perusahaan  yang berlaku di Perseroan dan Entitas Anak  dimaksudkan sebagai standar perilaku dan etika bagi Insan Radiant  yang secara sederhana mengandung pengertian melakukan apa yang benar dengan cara yang benar dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya    pada  kegiatan-kegiatan bisnis yang diselenggarakan oleh Perseroan dan Entitas Anak.

Kode Etik perusahaan meliputi kode etik terkait hubungan antar sesama karyawan, hubungan antara pimpinan dengan karyawan, hubungan relasi dengan mitra bisnis, pemerintah dan pemangku kepentingan.

Bahwa pada dasarnya hubungan harmonis antar karyawan   dibangun atas dasar saling menghargai, saling percaya, saling memberikan semangat dan membina kerja sama dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab masing-masing serta menciptakan suasana kerja yang kondusif di lingkungan kerjanya. Hubungan harmonis antara Pimpinan dan Karyawan harus senantiasa dibangun baik secara formal maupun informal dalam upaya pencapaian keberhasilan unit kerja dan tujuan perusahaan secara menyeluruh, dan hal ini telah menjadi budaya perusahaan dengan adanya kegiatan-kegiatan rutin yang menumbuhkan rasa kebersamaan dan harmonisasi melalui Forum Komunikasi dan Reguler Meeting, Management Visit dan kegiatan eksternal lainnya seperti program outbond, CSR, kegiatan peribadahan, perayaan ulang tahun Radiant Group dan lain-lain.

Perseroan membuat keputusan bisnis berdasarkan pada kepentingan terbaik bagi Perusahaan bukan atas pertimbangan atau hubungan pribadi. Dengan kewajiban untuk selalu  menghindari situasi dimana kepentingan pribadi dapat berpotensi untuk bertentangan dengan kepentingan perusahaan. Untuk menghindari adanya potensi konflik kepentingan di dalam kegiatan usaha, Perseoan  telah mengatur adanya pembatasan-pembatasan terhadap karyawan untuk menghindari adanya konflik kepentingan pada Peraturan Korporat tentang Tata Tertib Karyawan dan pada Peraturan Korporat tentang Pengadaan Barang dan Jasa yang juga diberlakukan di Entitas Anak.

Perseroan   memastikan bahwa setiap kegiatan usaha yang dijalankan oleh Perseroan dan Entitas Anak mempunyai landasan yang sah secara hukum serta memenuhi persyaratan yang ditetapkan   peraturan perundang-undangan serta  semua informasi yang diberikan kepada instansi terkait adalah benar dan akurat sehingga seluruh kepentingan bisnis Perseroan dan Entitas Anak sah terlindungi merupakan etika yang berlaku dalam berhubungan dengan Pemerintah.

Sedangkan dalam menjalankan kerjasama bisnis dengan pihak lain, Perseroan mendorong terciptanya relasi   yang   adil, terbuka dan wajar serta mengedepankan prinsip kesetaraan sejalan dengan Nilai-Nilai Perusahaan yang dianutnya tanpa mengesampingkan adanya nilai tambah bagi Perseroan dan Entitas Anak.

 


RUIS.JK TODAYS INDEX

Sep 24, 2021

RUIS
206.00

  • HIGH 206.00
  • LOW 199.00
  • OPEN 206.00
  • VOLUME 103,600