menu

+62 (21) 7191020

ruinco@radiant-utama.com

+62(21)7191002

Radiant Group Building Jl.Kapten Tendean No.24 Mampang Prapatan Jakarta 12720 Indonesia

Radiant News

Radiant Raih Pertumbuhan Laba 69 %

posted in Uncategorized by

JAKARTA – Emiten penyedia jasa migas, PT Radiant Utama Interinsco Tbk (RUIS), tengah memacu proyek pengerukan dan pembuatan kapal di Delta Mahakam. Proyek yang didapatkan dari Total E&P Indonesie itu akhirnya berhasil diraih Perseroan pada akhir Juni lalu. Nilai proyek yang terkandung di dalamnya ditaksir mencapai 9 juta dollar AS atau sekitar 92,4 miliar rupiah.

Sekretaris Perusahaan Radiant Utama Interinsco, Misyal A Bahwal, mengatakan Perseroan telah berhasil mendapatkan proyek dari Total E&P Indonesia pada bulan Juni lalu. Jadi, proses pengerukan sudah dimulai sekarang.

“Di bulan Juni, kita sudah dapatkan kontrak dari Total E&P Indonesie,” kata dia kepada Koran Jakarta, baru-baru ini. Nilai proyek yang terkandung di dalamnya ditaksir mencapai 9 juta dollar AS atau sekitar 92,4 miliar rupiah.

Lebih lanjut, dia menjelaskan saat ini Perseroan juga sedang mengikuti beberapa tender untuk mendapatkan kontrak pengeboran minyak maupun jasa pendukung operasi lainnya. Saat ini, Perseroan juga tengah memacu pembuatan sembilan kapal dan proses dredging di Delta Mahakam sebagai bagian dari kontrak yang tertuang di dalam perjanjian kerja sama tersebut.

Seperti diketahui, Perseroan, pada bulan April lalu, berhasil mendapatkan kontrak baru senilai 2,9 triliun rupiah. Sebesar 1,6 triliun rupiah akan dibukukan sebagai pendapatan pada tahun ini, sementara sisanya bervariasi, ada yang sampai dengan tahun 2014 hingga tahun 2017 mendatang.

Dengan didapatkannya kontrak baru dengan Total E&P, sampai dengan bulan Juni, Radiant telah berhasil menghimpun kontrak baru sebesar 2,69 triliun rupiah.

Terkait dengan pendapatan pada tahun ini, Perseroan membidik angka 1,8 triliun rupiah atau naik 12,5 persen dibandingkan capaian penjualan pada tahun lalu yang berada di angka 1,6 triliun rupiah. Misyal mengungkapkan pada tahun ini, Perseroan membidik laba bersih di posisi 50 miliar rupiah. “Semoga kami tidak mengalami rugi kurs seperti tahun 2011 lalu,” ungkap dia.

Guna mendukung pertumbuhan yang diharapkan, Perseroan menyiapkan dana 100 miliar hingga 120 miliar rupiah sebagai belanja modal pada tahun ini. Sebesar 80 persen diperoleh dari pinjaman perbankan, dan sisanya, 20 persen, dirogoh dari kocek internal Perseroan.

Misyal menambahkan alokasi belanja modal sebesar 100 miliar rupiah akan digunakan untuk proyek pengadaan kapal keruk, dan sisanya cadangan dana beberapa proyek baru.

Laba Naik

Sepanjang enam bulan pertama tahun ini, Radiant boleh bernapas lega. Pasalnya, perusahaan jasa migas ini berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih 69,15 persen menjadi 28,39 miliar rupiah, melesat dibandingkan raihan laba bersih periode yang sama tahun lalu sebesar 16,78 miliar rupiah.

Kenaikan itu merupakan buah dari tumbuhnya pendapatan perseroan sebesar 26,32 persen menjadi 859,58 miliar rupiah, naik dibandingkan raihan pendapatan pada periode yang sama tahun lalu sebesar 680,34 miliar rupiah.

Seperti dilansir dalam laporan keuangan Perseroan, pendapatan pada semester satu tahun ini ditopang oleh segmen jasa pendukung operasi yang menyumbang 590,66 miliar rupiah. Disusul dengan segmen jasa agensi dan kegiatan lepas pantai sebesar 172,06 miliar rupiah, dan 96,85 miliar sisanya dikempit oleh jasa inspeksi dan lain-lain.

Kenaikan pendapatan Perseroan terjadi seiring dengan meningkatnya beban langsung menjadi 728,36 miliar rupiah, padahal pada periode yang sama tahun lalu, beban langsung Perseroan masih dapat ditahan di posisi 570,39 miliar rupiah.

Source : Koran Jakarta

Date     : 14 Agustus 2013

14 Aug, 13

 

 

related posts